Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

17 Nov 2016

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - Provinsi DKI Jakarta akan menjadi daerah percontohan lanjutan pendistribusian tabung elpiji 3 kilogram secara tertutup. Sebelumnya Pertamina selaku operator sudah melakukan uji coba pada 1 Oktober 2016 di Kecamatan Tarakan Timur, Kabupaten Tarakan, Kalimantan Utara.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, menjelaskan skema penyalurannya. Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan beberapa Bank BUMN untuk pembuatan kartu.

Selanjutnya kartu tersebut dibagi kepada masyarakat penerima elpiji 3 kg. Wianda menerangkan, agar lebih akurat, setiap pangkalan resmi LPG 3 kg yang terdaftar di pertamina menerima mesin transaksi (EDC/elctronic Data Capture). Kemudian, para penerima yang berhak, mendatangi pangkalan untuk membeli dengan harga subsidi, dengan cara menggesekkan kartu ke EDC.

Ia memastikan Pertamina ramah lingkungan selalu memasok tabung elpiji 3 kg sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah ke daerah-daerah. Apabila terjadi kekosongan, menurutnya, ada pembelian elpiji bersubsidi oleh masyarakat yang tidak berhak. Perusahaan plat merah tersebut, lanjut Wianda, juga menyediakan tabung elpiji 5,5 kilo gram (Bright Gas) non subsidi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan bahwa PT Pertamina (Persero) akan mengelola sepenuhnya Blok Mahakam mulai 2018 menyusul telah selesainya pengalihan blok migas itu.

Ia menyebutkan bahwa penyelesaian pengalihan blok migas itu merupakan arahan Presiden Jokowi saat dirinya baru bertugas menjadi menteri ESDM.

Sementara itu, mengenai penurunan harga gas untuk industri, mantan Menhub itu mengatakan harus ada konsensus dulu dengan Kemenperin. Ia optimistis penurunan harga gas untuk industri bisa diberlakukan dalam waktu dekat.

Wamen ESDM Archandra Tahar juga menyebutkan penurunan harga gas untuk industri sedang dibahas. Ia menyebutkan untuk insentif hulunya, pemerintah akan melihat dari sisi cost recovery-nya karena kalau hulu yang sudah beroperasi capex-nya sudah dikeluarkan.

Itulah salah satu Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan dari Pertamina


TAGS Pertamina Bahan Bakar Berkualitas Ramah Lingkungan Pertamina Ramah Lingkungan


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post